Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J8 Terbaru 2018

Harga Samsung Galaxy J8 – Dual kamera di tambah layar berteknologi Infinity Display membuat Samsung Galaxy J8 semakin sempurna. Sebenarnya kelebihan utama Galaxy J8 terletak pada kameranya. Selain teknologi dual kamera, smartphone ini juga memiliki kamera depan beresolusi 16 Megapixel lengkap dengan LED Flash, sehingga kemampuan selfienya patut bersaing dengan smartphone selfie buatan Oppo ataupun Vivo. Samsung juga menggunakan chipset buatan Qualcomm yang membuat Galaxy J8 memiliki performa lebih powerfull.

Meski menggunakan chipset Qualcomm, namun Samsung memilih chipset entry-level yang seharusnya dipakai smartphone 1 Jutaan. Seharusnya Galaxy J8 memakai chipset Qualcomm Snapdragon 636 yang telah dipakai Asus Zenfone Max Pro dan Xiaomi Redmi Note 5. Untungnya Samsung J8 telah dibekali Ram berkapasitas 4GB, sehingga performa multitaskingnya sangat cepat dan bisa diandalkan untuk menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan.

Spesifikasi Samsung Galaxy J8 juga dilengkapi baterai berkapasitas besar yang bisa mengimbangi ukuran layarnya yang besar. Namun jangan harap mendapatkan fitur Fast Charging, karena smartphone ini belum memilikinya. Kekurangan tersebut akan tertutupi oleh layar berteknologi Super Amoled Display yang menampilkan gambar kaya warna dan seakan-akan lebih hidup saat dipakai menonton video, bermain game, ataupun sekedar membuka file foto.

Layar berteknologi Infinity Display sudah seharusnya dimiliki semua smartphone Samsung. Pasalnya teknologi tersebut akan mengoptimalkan kualitas layar, sehingga lebih optimal saat dipakai menikmati beragam konten multimedia. Sebelumnya Samsung juga merilis Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus yang menggunakan teknologi serupa. Namun harga keduanya jauh lebih mahal dibandingkan harga Samsung Galaxy J8. Nah bagi masbro yang penasaran ingin mengetahui harga Samsung Galaxy J8 terbaru di Indonesia, silahkan simak ulasan di bawah ini.

SPESIFIKASI DAN HARGA SAMSUNG GALAXY J8

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J8

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J8

Desain & Layar

MaterialPlastik
Tipe LayarSuper Amoled capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar6.0 inches
Resolusi Layar720 x 1480 pixels, 18.5:9 ratio (~274 ppi density)
Pelindung Layar
FiturFace Recognition, Fingerprint Sensor

Samsung menjadikan Galaxy J8 sebagai alternatif Galaxy A6 Plus yang sama-sama mengadopsi teknologi Infinity Display. Bedanya smartphone ini memakai bodi berbahan polycarbonat dan chipset buatan Qualcomm. Ukuran layarnya sama persis dengan Galaxy A6 Plus, namun resolusi layarnya belum Full HD. Alhasil masbro harus puas memandangi layar 6 inci dengan resolusi 720 x 1480 pixels yang menghasilkan kerapatan 274 ppi.

Walaupun belum Full HD, namun kualitas layar Samsung Galaxy J8 tetap yang terbaik. Pasalnya smartphone ini menggunakan panel Super Amoled Display yang dikenal memiliki ketajaman lebih baik dibandingkan panel IPS. Semua gambar yang ditampilkan terlihat lebih hidup dan warnanya lebih cerah serta tajam. Sayangnya Samsung belum melindungi smartphone ini dengan teknologi Corning Gorilla Glass, sehingga layarnya rawan tergores apabila tidak dilapisi screen guard.

Bermain game terasa sangat menyenangkan berkat layar Infinity Display yang terpampang pada bagian depan Samsung Galaxy J8. Teknologi tersebut memungkinkan Galaxy J8 memiliki bezel sangat tipis dengan rasio layar 18.5:9. Alhasil kita bisa bermain game dengan tampilan layar lebih luas dan kualitas grafis terbaik di kelasnya. Performa gamingnya juga cukup baik dan bisa menjalankan game-game terbaru dengan lancar dan smooth tanpa kendala berarti.

Performa Dapur Pacu

Performa Samsung Galaxy J8

Memori Internal64 GB
Memori EksternalmicroSD, up to 256 GB
Ram4 GB
OSAndroid Oreo 8.0
ChipsetQualcomm SDM450 Snapdragon 450
ProsesorOcta-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
SensorAccelerometer, Fingerprint, Hall Sensor, Proximity

Samsung mempercayakan dapur pacu Samsung Galaxy J8 pada chipset buatan Qualcomm. Sayangnya Samsung memilih Snapdragon 450 yang didalamnya tertanam processor Octa Core 1.8 Ghz Cortex-A53 dan GPU Adreno 506. Seharusnya smartphone ini memakai chipset Qualcomm Snapdragon 636 yang lebih bertenaga dan lebih efisien. Untungnya performa Snapdragon 450 tetap bisa diandalkan, sehingga menjamin performa Galaxy J8 saat dipakai bermain game dan menjalankan banyak aplikasi.

Untuk mendongkrak performa hardwarenya, Samsung membekali Galaxy J8 dengan sistem operasi Android Oreo 8.0 yang mendukung fitur Face Recognition dan beragam fitur menarik lainnya. Selain itu, tersedia pula Ram berkapasitas 4GB dan memori internal 64GB yang bisa diperluas dengan menambahkan microSD hingga kapasitas 256GB. Masbro tidak perlu melepas salah satu Sim Card ketika memakai MicroSD, karena smartphone ini memiliki slot Sim Card dan MicroSD yang terpisah.

Kemampuan Fotografi

Kamera Samsung Galaxy J8

Kamera Belakang16 Megapixel (f/1.7) + 5 Megapixel (f/1.9), autofocus, LED flash
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video1080p@30fps
Kamera Depan16 Megapixel, f/1.9, LED flash

Kualitas kameranya sebanding dengan harga Samsung Galaxy J8 yang tidak bisa dikatakan murah. Pasalnya smartphone ini telah mengadopsi teknologi dual kamera yang menggabungkan dua buah lensa beresolusi 16 Megapixel dengan aperture f/1.7 dan lensa 5 Megapixel yang memiliki aperture f/1.9. Perpaduan keduanya memungkinkan Samsung Galaxy J8 menghasilkan foto bokeh melalui fitur Live Focus. Sayangnya smartphone ini belum dilengkapi OIS ataupun penstabil video lainnya.

Walaupun tidak memiliki OIS, namun kita tetap bisa menghasilkan video Full HD 1080p@30fps yang berkualitas. Terlebih kamera belakangnya dilengkapi fitur Autofocus dan LED Flash yang membuat hasil foto dan video semakin tajam serta jernih. Lebih hebatnya lagi, Samsung J8 memiliki kamera depan beresolusi 16 Megapixel yang disempurnakan oleh fitur LED Flash dan Aperture f/1.9, sehingga cocok bagi pecinta selfie yang mencari smarpthone mid-range dengan kamera depan terbaik.

Konektivitas & Baterai

Fitur Samsung Galaxy J8

Sim CardDual SIM
InternetHSPA, LTE
Wi-FiWi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth4.0, A2DP, LE
NavigasiA-GPS, GLONASS, BDS
USBmicroUSB 2.0
BateraiNon-removable Li-Ion 3.500 mAh

Berlanjut ke sektor konektivitas, Samsung melengkapi Galaxy J8 dengan 2 slot kartu sim yang bisa kita gunakan untuk mengakses internet pada jaringan 4G LTE. Selain itu, tersedia pula konektivitas pendukung berupa Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.2, GPS (A-GPS, Glonass, BeiDou), dan port MicroUSB 2.0. Sayangnya smartphone ini belum dilengkapi fitur NFC dan belum mengadopsi port USB Type-C yang sudah banyak dimiliki oleh smartphone lain yang dibanderol setara harga Samsung Galaxy J8.

Kemudian urusan suplai daya dibekali baterai berkapasitas 3.500 mAh yang dijamin sangat awet untuk memenuhi kebutuhan daya baterai seharian penuh. Andai saja Galaxy J8 dilengkapi fitur Fast Charging, tentu baterai tersebut bisa terisi lebih cepat. Selanjutnya untuk bagian sensor dilengkapi pemindai sidik jari pada bagian belakang dan sensor pendukung berupa accelerometer serta proximity. Smartphone ini belum dilengkapi gyroscope, sehingga tidak bisa digunakan untuk menikmati konten virtual reality.

Kelebihan Samsung Galaxy J8

  • Layarnya sudah mengadopsi teknologi Infinity Display yang membuat tepian layar menjadi lebih tipis dengan rasio 18.5:9
  • Mampu menampilkan gambar dan video dengan kualitas grafis yang tajam, karena memakai panel Super Amoled Display
  • Ukuran layarnya sangat besar, sehingga cocok dipakai bermain game dan menonton film
  • Kapasitas memori internal cukup besar untuk menampung banyak sekali file kedalamnya
  • Tersedia pula slot microSD yang terpisah dari slot kartu sim
  • Dibekali Ram 4GB dan sistem operasi Android Oreo yang membuat performa Samsung Galaxy J8 semakin stabil dan bisa menjalankan beragam aplikasi dengan lancar
  • Ditenagai processor Octa Core 64-Bit yang bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai game-game terbaru
  • Mengadopsi teknologi dual kamera yang bisa menghasilkan foto bokeh layakynya kamera DSLR
  • Dibekali kamera depan beresolusi 16 Megapixel yang cocok dipakai selfie dan video call
  • Kamera depan dan belakangnya sama-sama dilengkapi fitur LED Flash untuk memaksimalkan pencahayaan saat selfie ataupun merekam video
  • Tersedia sistem keamanan berlapis yang mengandalkan pemindai wajah dan pemindai sidik jari
  • Daya tahan baterainya sangat awet, berkat baterai berkapasitas 3.500 mAh

Kekurangan Samsung Galaxy J8

  • Samsung belum melindunginya dengan kaca Corning Gorilla Glasss
  • Smartphone ini belum menggunakan layar beresolusi Full HD yang otomatis lebih jernih dan lebih tajam dibandingkan layar HD biasa
  • Belum mendukung fitur Fast Charging
  • Tidak memiliki kemampuan tahan air dan debu
  • Harga Samsung Galaxy J8 tergolong mahal dibandingkan smartphone yang memiliki spesifikasi setara

Nah itulah kesimpula mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J8. Setelah menyimak informasi di atas, pasti masbro sudah bisa menentukan akan membeli smartphone ini atau tidak. Namun sebelum membelinya, mari kita simak terlebih dahulu informasi harga Samsung Galaxy J8 di Indonesia. Apakah harganya mahal atau murah ?

Harga Samsung Galaxy J8

Harga Samsung Galaxy J8

Daftar Harga Samsung Galaxy J8

Harga Samsung Galaxy J8 BaruHarga Samsung Galaxy J8 Bekas
Harga Samsung J8 BaruHarga Samsung J8 Bekas
USD$280 (Rp. 3.9 Jutaan) –
< Lihat Daftar Harga Hp Samsung Terbaru >

Menurut kami harga Samsung Galaxy J8 terlalu mahal, mengingat smartphone ini belum menggunakan layar Full HD dan dapur pacunya masih dibawah Xiaomi Redmi Note 5 ataupun Asus Zenfone Max Pro yang dibanderol dibawah 3 Juta Rupiah. Sedangkan harga Samsung Galaxy J8 mencapai USD$280 atau apabila kita rupiahkan setara Rp. 3.9 Jutaan. Harga tersebut merupakan harga resmi di Indonesia, jadi tidak menutup kemungkinan harga Samsung Galaxy J8 di Indonesia bisa lebih murah atau lebih mahal.

Bandingkan Dengan : 
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J6Samsung Galaxy J6Spesifikasi dan Harga Samsung A6 Plus 2018Samsung Galaxy A6 Plus

Spesifikasi hardware Samsung Galaxy J8 memang belum bisa menandingi Xiaomi Redmi Note 5 ataupun Asus Zenfone Max Pro yang sama-sama ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 636, namun harganya lebih murah dibandingkan harga Samsung Galaxy J8. Untungnya smartphone ini telah mengadopsi teknologi Infinity Display dan Dual Camera yang membuatnya tetap menarik untuk dimiliki. Nah setelah menyimak informasi spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J8 yang kami sampaikan di atas, apakah masbro berencana membelinya saat smartphone ini dipasarkan di Indonesia ?